Kurangi Biaya Bisnis dengan Melakukan ini
By Dhiki Teguh
On March 4, 2020

Untuk bisnis startup atau yang baru merintis usahanya, keuangan menjadi hal yang paling krusial untuk diatur. Apalagi jika bisnis tersebut memulai usahanya dengan modal sendiri tanpa adanya bantuan dari investor. Dengan anggaran yang tidak terlalu besar, tentu solusi utamanya selain penjualan adalah dengan menghemat biaya seminimal mungkin.

Memangkas biaya yang tidak perlu adalah sebuah keharusan, namun terkadang harga bahan baku di pasaran semakin meningkat. Untuk itu para pebisnis diharuskan untuk membuat perencanaan belanja yang lebih efektif dan tidak memakan biaya.

Apakah bisnis anda juga seperti itu? Ingin tahu bagaimana tips untuk mengatasi hal tersebut, simak pemaparan dibawah.

Biaya Kantor

Sewa kantor menjadi beban yang besar terutama untuk anda yang baru memulai bisnisnya. Jika sewa kantor anda selama initerlalu membebani cost atau biaya, anda bisa berlaih untuk mencari sewa kantor yang lebih murah. 

Atau bila perlu anda bisa menjalankan bisnis anda dari rumah atau dengan mobile, saat ini banyak perusahaan yang tidak memiliki kantor fisik, namun tetap bisa menjalankan kegiatan bisnis. Seperti anda bisa menggunakan working space atau tempat public untuk bekerja. Tak semua bisnis memang bisa dilakukan dengan cara ini. At least anda bisa menggunakan rumah anda sebagai basis untuk bisnis anda.

Keuntungan menggunakan rumah adalah selain bisa menghemat biaya bisnis, juga bisa terbebas dari biaya pajak, asuransi dan utilitas. Sebelum melakukan itu pastikan bahwa rumah anda memungkinkan digunakan untuk kegiatan bisnis

Efisiensi Karyawan

Tak mungkin rasanya bila anda menjalankan bisnis tanpa adanya bantuan dari staff atau orang yang membantu anda. Mempekerjakan karyawan bisa menjadi permasalahan baru dalam bisnis. Selain menghabiskan biaya perbulan, terkadang para pebisnis salah untuk memilih bidang mana yang memerlukan karyawan dan mana yang tidak. Yang akhirnya memberikan masalah di dalam bisnis.

Solusinya anda bisa dengan merekrut anak magang untuk bisnis atau bisa dengan melibatkan orang terdekat seperti keluarga. Mempekerjakan keluarga sendiri adalah pengurangan biaya karyawan yang paling optimal, ajak mereka untuk belajar bersama dalam membangun bisnis anda.

Tekan biaya bahan baku produk

Untuk bisnis yang bergerak di bidang produksi barang, Anda harus membeli bahan baku untuk membuat porduk. Amati perkembangan harga bahan baku dari waktu ke waktu. Cari penyedia yang menawarkan bahan baku dengan harga rendah, namun berkualitas baik.

Jangan sungkan untuk meminta potongan harga, meski itu hanya sedikit. Meski kecil, Anda harus tetap mendapatkan keuntungan.

Beralih ke Teknologi Awan (Cloud)

Teknologi awan (cloud) adalah metode pengelolaan data yang digunakan oleh hampir semua startup. Menggunakan internet untuk menyimpan semua data perusahaan memangkas biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan server dan membayar perbaikannya setiap kali dilakukan upgrade.

Saat ini banyak bidang yang bisa anda gunakan dengan metode cloud ini, seperti untuk keuangan anda bisa menggunakan sistem POS (Point of Sales) basis cloud. Dengan menggunakan POS anda bisa menghemat budget anda, karena laporan dari penjualan anda secara otomatis terdownload dengan pdf ataupun sheets. Tidak perlu lagi anda melakukan pembukuan secara manual dan menghabiskan banyak kertas dan peralatan lainya.

Penggunaan komputasi awan memang tidak sepenuhnya gratis, Anda tetap harus membayar sejumlah uang untuk meningkatkan ruang penyimpanan dan bandwidth. Namun tetap saja jumlahnya akan jauh lebih kecil. Selain itu, cloud storage juga menawarkan jasa recovery data dan perlindungan.

Time is money, gunakan sebaik-baiknya

Gunakan manajemen waktu untuk bisnis anda, itu akan membantu bisnis berjalan lebih efisien dan efektif. Pastikan setiap detik waktu dalam jam kerja Anda gunakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis.

Misalnya prioritaskan untuk menyelesaikan pekerjaan anda dalam satu hari, menentukan apa saja bidang yang anda kerjakan dimulai dari yang skala prioritas paling utama.

Bekerjalah dengan efektif agar bisnis Anda bisa berkembang sesuai yang diharapkan. Sepanjang hari, jangan biarkan hal lain mendistraksi Anda, seperti hal-hal yang sifatnya personal.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *